Perangkat Qualcomm Kini Dapatkan Dukungan untuk Jalankan Windows 10

Update Windows 10 Anniversary | Featured
Microsoft dengan Windows sebagai sistem operasi selama ini seolah berkawan akrab dengan prosesor Intel. Namun, akhir minggu kemarin, Microsoft mengumumkan bahwa perangkat Windows 10 mereka kini telah mendukung penuh prosesor ARM64 besutan Qualcomm, seperti tertulis dalam siaran pers mereka.
Executive Vice President Qualcomm Tecnhologies, Inc dan President QCT Cristiano Amon menuturkan bila ada beberapa keuntungan penggunaan prosesor Qualcomm. “Perangkat berbasis Windows 10 bila dipasangkan dengan prosesor Qualcomm mungkin hadir dengan rancangan tanpa kipas (fanless), lebih tipis, dan memiliki baterai yang lebih tahan lama.”
Kerja sama ini diumumkan di acara WinHEC di Shenzen, Tiongkok. Dalam acara tersebut, Microsoft juga menunjukkan perangkat Windows 10 yang berjalan di atas prosesor Snapdragon 820, seperti dikutip dari Windows Report.

Pengaplikasikan sistem emulasi

Pada kesempatan yang sama, Microsoft juga mengumumkan kompatibilitas aplikasi-aplikasi Windows 10 di perangkat bertenaga prosesor Snapdragon ini. Sebab, selama ini aplikasi Windows dikenal hanya kompatibel untuk berjalan di atas prosesor Intel. Beberapa aplikasi bahkan khusus dirancang untuk berjalan hanya di atas arsitektur prosesor Intel.
windows 10 apps|ilustrasi
Untuk mengatasi kendala ini, Microsoft membuat emulasi, seperti ditulis Fool.com. Sehingga berbagai aplikasi yang sebelumnya hanya bisa berjalan pada platform prosesor Intel kini bisa berjalan juga di atas prosesor Snapdragon Qualcomm.
Emulasi x86 untuk perangkat Windows 10 jugalah yang memungkinkan aplikasi Win32 bisa berjalan di prosesor ARM64 ini. Padahal aplikasi ini sebenarnya tidak bangun untuk berjalan di ARM64. Risikonya, aplikasi mungkin akan berjalan lebih lambat.
Berikut 10 alasan mengapa kamu perlu segera gunakan Windows 10
Dibuatnya emulator ini sepertinya merupakan pelajaran dari kegagalan integrasi Windows RT pada prosesor ARM di masa lalu. Kurangnya kompatibilitas aplikasi menjadi penyebab kegagalan tersebut. Perangkat Windows 10 pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon diharapkan paling cepat tersedia di awal tahun depan.

Persaingan Qualcomm vs Intel

Rancangan prosesor Qualcomm kerap lebih sederhana karena semua sudah terintegrasi dalam satu paket (system-on-chip). CPU, GPU, dan koneksi nirkabel semua ada dalam satu chip. Perangkat Qualcomm juga dikenal dengan sistem yang lebih hemat energi dengan harga yang lebih terjangkau. Sementara Intel masih dikenal dengan harga yang relatif tinggi dan isu konsumsi energi.

Tidak ada komentar:
Write komentar
Recommended Posts × +