MSI Akan Meluncurkan PC Pendukung VR Berbentuk Tas Punggung

MSI VR One|Featured Image
Pada Computex 2016 beberapa bulan silam, MSI sempat memperlihatkan sebuah prototipe pendukung virtual reality (VR) yang berbentuk seperti tas punggung. Dikombinasikan dengan Oculus Rift atau HTC Vive, perangkat ini akan memungkinkan pengalaman VR yang lebih leluasa pada penggunanya, karena mereka tidak lagi terbatas oleh kabel seperti jika menggunakan VR di PC.
Kini, prototipe tersebut tidak lagi dilanjutkan, karena ternyata MSI telah menyempurnakan perangkat pendukung VR lain, MSI VR One.

Teknologi yang rencananya akan diperkenalkan oleh MSI dan HTC pada perhelatan Tokyo Game Show 2016 ini adalah perangkat wearable pendukung VR berbentuk backpack pertama di dunia. Ditenagai oleh prosesor Core i7 terbaru dan seri GTX 1000, MSI VR One diklaim empat puluh persen lebih cepat dari model prototipe yang diperkenalkan MSI pada Computex 2016 lalu.
MSI VR One|Image 3
Selain dilengkapi dengan konfigurasi hardware terkini, MSI VR One juga memiliki bobot lebih ringan dibandingkan prototipe sebelumnya. Prototipe dari “PC gendong” ini memiliki berat 5 kg, sementara MSI VR One memiliki berat 3,7 kg. Berat dari MSI VR One masih lebih ringan dibandingkan laptop gaming dengan spesifikasi yang sama. Ini akan membuat penggunanya semakin leluasa untuk “bertualang” di dunia VR tanpa perlu khawatir punggung mereka akan pegal.
Kemampuan hardware dari MSI VR One juga didukung oleh penggunaan baterai dengan kapasitas besar, yang mampu bertahan selama kurang lebih 1,5 jam permainan. Dengan adanya baterai berkapasitas raksasa ini, pengguna tidak perlu lagi takut permainannya akan terhenti saat sedang seru-serunya.
MSI VR One|Image 5
Selain itu, MSI VR One juga dilengkapi dengan piihan konektivitas lengkap, seperti 4 port USB 3.0, 1 port HDMI, 1 Mini DisplayPort, 1 port USB Type-C yang mendukung Thunderbolt 3, 1 microphone jack, dan 1 headphone jack.

Dapat dikatakan bahwa MSI VR One adalah sebuah “PC gendong”, di mana produk ini akan menghasilkan panas ketika digunakan, sama seperti PC pada umumnya. Tanpa adanya solusi pendingin yang mumpuni, pengguna akan enggan untuk “menggendong” perangkat ini terlalu lama di punggung mereka.
Untuk mengatasi panas berlebih, MSI VR One menggunakan Dual 9 cm Ultra Blade Fan dengan sembilan buah heat pipe. Ini akan membuat suhu VR One tetap “dingin” walaupun digunakan dalam waktu yang lama.
MSI VR One|Image 4
MSI VR One|Dragon Center
MSI belum memberikan keterangan lengkap terkait dengan spesifikasi pendinginan pada MSI VR One, tetapi dari gambar yang dikirimkan bersama siaran pers, terlihat adanya dua lubang udara masuk pada bagian depan, dua lubang udara masuk pada bagian belakang, dan lubang udara keluar pada bagian sisi perangkat wearable pendukung VR  ini.
Kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut tentang MSI VR One, tetapi menurut perkiraan, wearable pendukung VR ini akan memiliki banderol harga yang sama dengan laptop gaming MSI, melihat adanya kemiripan dari segi spesifikasinya.

Tidak ada komentar:
Write komentar
Recommended Posts × +