Tingkatkan Komunikasi Pengguna, Facebook Uji Coba Fitur Baru Find Wi-Fi

wi-fi | featured image
Facebook baru saja mulai melakukan uji coba untuk fitur terbarunya yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan Wi-Fi dari area publik terdekat. Layanan ini masih dalam tahapan pengembangan, dan hanya bisa digunakan terbatas di beberapa negara.
Juru bicara Facebook mengungkapkan, layanan ini hadir untuk memfasilitasi pengguna agar mudah berkomunikasi dengan kerabat dan teman. Untuk sementara, Facebook baru menerapkan layanan Wi-Fi ini untuk perangkat iOS, seperti dikutip dari VentureBeat.
Untuk menikmati layanan ini, kamu bisa mengaktifkan menu Enable Find Wi-Fi di aplikasi Facebook. Aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi lokasi dengan akses Wi-Fi di sekitarmu. Tak cuma memberikan informasi akses Wi-Fi gratis terdekat, fitur ini juga memberitahumu durasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi yang dituju, serta jaringan yang dapat kamu akses.
Facebook sendiri enggan menjelaskan mengapa pihaknya memberikan fitur ini. Meski demikian, Find Wi-Fi ini tampaknya bakal bermanfaat untuk negara-negara berkembang yang masih mengandalkan paket data yang cukup mahal.  Fitur ini juga bisa mengurangi biaya roaming bagi pengguna yang sering bepergian ke luar negeri.
Selain itu, fitur pencarian Wi-Fi gratis ini juga berguna bagi pengguna yang sering mengunduh serta mengunggah file dengan kapasitas besar, termasuk streaming video lewat Facebook Live. Meski demikian, pengguna tak boleh terlena—keamanan diri dan data pribadi harus jadi prioritas saat mengakses Wi-Fi gratis.
faceboook |wifi gratis
Sumber: wpengine
Ini bukan kali pertama Facebook memfasilitasi akses Wi-Fi. Dua tahun lalu, pihaknya juga sempat bekerja sama dengan Cisco. Pengguna bisa mendapat akses internet gratis bila check in di Facebook saat berada di tempat umum, seperti restoran, hotel, atau tempat perbelanjaan. Program tersebut dibuat untuk mendorong pebisnis merambah ke Facebook, sembari mempromosikan akun Page bisnisnya.
Uji coba yang sedang berlangsung saat ini bisa dikatakan sebagai perpanjangan dari ide sebelumnya. Sebab, fitur ini bisa mendongkrak eksistensi bisnis di tengah lingkungan sosialnya.
Tampaknya, Facebook cukup serius untuk menjangkau lebih banyak orang dalam menggunakan internet. Belum lama ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg sempat menawarkan Aquila, yakni solusi yang mereka buat untuk mengatasi masalah koneksi internet di Indonesia dengan bantuan drone.

Tidak ada komentar:
Write komentar
Recommended Posts × +